Prolog

PROLOG


Dunia dibawah langit setelah suatu masa yang terpecah-pecah akan kembali bersatu dan setelah masa persatuan akan kembali terpisah. Ini adalah hukum alam yang tidak dapat dihindari. Ketika pemerintahan Dinasti Zhou melemah, maka munculah 7 negara yang saling bersaing untuk memperebutkan seluruh wilayah cina. Perebutan akhirnya dimenangkan oleh kerajaan Qin, tetapi setalah takdir Qin dipenuhi muncul 2 kerajaan yaitu HAN dan CHU yang memperbutkan kekuasaan dan akhirnya HAN yang menang.

Kebangkitan Han dimulai ketika Liu Bang memimpin pasukan untuk menyatukan seluruh Cina dibawah panji-panjinya. Warisan kekuasaan ini diturunkan turun-temurun dibawah dinasti Han untuk 200 tahun lamanya sampai pemberontakan yang dilakukan Wang Mang menimbulkan kekacauan. Liu Xue sebagai keturunan ke 21 kaisar Han Gao Zu (Liu Bang) akhirnya berhasil mengambil alih kembali kekuasaan dan akhirnya dinasti Han kembali berkuasa selama 200 tahun sampai masa kekuasaan kaisar Xian Yang pada masa pemerintahannya akhirnya dinasti Han terpecah menjadi suatu masa yang dikenal sejarah sebagai masa 3 kerajaan.

Tetapi Kehancuran Dinasti Han dimulai dari masa kaisar Huang dan Kaisar Ling yang duduk di Tahta Naga pada sekitar abad ke 2. Kaisar Huan tidak mempedulikan orang yang mampu dan lebih mempercayai kasim-kasim istana. Pada saat wafatnya Kaisar Huang menyerahkan kekuasaan pada kaisar Ling dengan menunjuk walinya Dou WU dan Chen Fan. Dou Wu dan Chen Fan adalah pejabat jujur yang berusaha untuk menghancurkan kekuasaan para kasim-kasim istana yang telah merusak negara. Tetapi kepala Kasim CAO JIE (NOTE: PERHATIKAN CAO-nya) tidak mudah untuk disingkirkan. Akhirnya Dou Wu dan Chen Fan dihukum mati dengan tuduhan memberontak pada kaisar. Hal ini membuat para kasim lebih ditakuti dan makin berkuasa.

Pada Tahun ke 2 bulan ke 4 dan hari ke 15 masa pemerintahan kaisar Ling(tahun 168 M). Ketika Kaisar sedang melewati "RUANG KEBIJAKSANAAN"(tempat Kaisar memutuskan sesuatu). Ketika Kaisar sedang menuju Singasananya tiba-tiba ada angin kencang menerpanya dan dari atap istana tiba-tiba jatuh seekor ular hitam yang jatuh tepat diatas singasananya. Kaisar lalu terkejut dan terjatuh tidak sadarkan diri sambil memuntahkan darah.Para pembantunya langsung mengangkatnya kedalam kamar. Dan ajaibnya ketika para prajurit ingin mencari ular tersebut, ular tersebut telah hilang.

Hari2x berikutnya banyak kejadian-kejadian aneh, seperti angin topan yang tiba-tiba muncul, petir dilangit yang tidak henti-hentinya hingga tengah malam, hujan besar yang belum waktunya,dsbnya. 2 tahun kemudia sebuah gempa besar melanda ibukota luo yang, sedangkan dipesisir pantai ombak besar menyapu bersih pemukiman nelayan. Pertanda buruk lainnya tercatat 10 tahun kemudian dimana ayam jantan berubah jadi betina. Pada bulan ke 6 tahun itu kabut gelap tiba-tiba saja menutupi "Ruang Kebijaksanaan Kaisar" dan pada bulan berikutnya jauh dari ibukota tiba-tiba gunung Yuan longsor sehingga menyebabkan daerah dikaki gunung tersebut musnah.

Disebabkan karena banyaknya pertanda buruk maka kaisar Ling akhirnya mengeluarkan titah kaisar dan memanggil semua penasehatnya untuk dimintakan pendapatnya.

Penasehat kerajaan Cai Yong mengeluarkan pendapat bahwa pertanda ini disebakan oleh kekuasaan yang dipergunakan dengan salah oleh para kasim2x istana yang jahat. Kaisar memikirkan pendapat ini dengan menghela napas dalam2x, kepala kasim Cao Jie yang mendengar hal ini kemudian meminta agar Cai Yong dibebas tugaskan dan dipulangkan kekampung halamannya. Karena kaisar telah sangat sedih maka dia membiarkan kasim itu bertindak semaunya dan akhirnya Cai Yong di copot dari jabatannya dan meninggalkan istana.

Dengan tidak adanya orang2x yang berani lagi mengutarakan pendapat pada kaisar maka kekuasaan kasim itu didalam pemerintahan makin tidak terbendung lagi. Diantara kasim2x tersebut ada 10 yang terkuat pengaruhnya, yaitu : Zhang Rang, Zhao Zhong, Cheng Kuang, Duan Gui, Feng Xu, Guo Sheng, Hou Lan, Jian Shuo, Cao Jie, and Xia Yun.

Diantara mereka Zhang Rang adalah yang paling berpengaruh dihadapan kaisar. Kaisar mengangkatnya sebagai penasehat dan bahkan memanggilnya "AYAH ANGKAT". Jadi pemerintahan setiap hari makin bobrok saja dan tidak pernah bertambah baik. Rakyat hidup dalam penderitaan yang sangat. Perampokan, penjarahan dan pemberontakan muncul dimana-mana.

Pada saat itu disebuah wilayah bernama JULU hiduplah sebuah keluarga dengan marga ZHANG. Mereka memiliki anak bernama ZHANG YUE,ZHANG BA dan ZHANG LIAN. Yang tertua adalah Zhang Yue yang merupakan Lulusan sekolah daerah(saat itu bisa lulus sekolah tuch dah hebat) yang mengabdikan dirinya pada pembuatan obat-obatan. Pada suatu hari ketika sedang mencari tumbuhan obat Zhang Yue bertemu dengan seorang pertapa tua yang mengajak Zhang Yue untuk mengikutinya ke gua pertapaanya dan membernya 3 jilid "BUKU LANGIT".

"BUKU LANGIT" ini kata pertapa itu "merupakan inti dari segala kedamaian. Dengan bantuan 3 buku ini maka kamu akan dapat menyelamatkan umat manusia dan mengubah dunia. Tapi kamu harus memiliki keyakinan yang kuat atau pasti kamu akan mengalami penderitaan yang sangat."

Dengan memberi hormat sampai ketanah maka Zhang Jue berterima kasih dan menanyakan nama dari pertapa itu.

'AKU ADALAH PERTAPA DARI DATARAN SELATAN', setelah selesai mengucapkan kata2x itu maka hilanglah pertapa itu.

Zhang Yue siang malam mempelajari buku itu dengan sangat serius. Dan tak lama kemudian dia sudah dapat memanggil hujan dan memrintahkan angin.

Pada tahun ke 18 masa pemerintahan kaisar Ling terjadi wabah yang menyerang seluruh daerah kerajaan. Zhang Yue membagikan obat2x gratis kepada rakyat dan obat itu sangat manjur dalam melawan wabah ini. Dan dalam waktu yang singkat banyak orang yang mengenal Zhang Yue sebagai yang "bijaksana dan terberkati". Zhang Yue akhirnya mulai merekrut murid yang diajarinya ilmunya itu dan semakin bertambah banyaklah pengikutnya.

Dengan semakin banyak pengikutnya maka Zhang Yue mengorganisasikan mereka kedalam 36 cabang. Setiap cabang dipimpin oleh seorang dengan titel jenderal. Mereka selalu berbicara mengenai "merubah langit biru menjadi langit emas". Mereka yakin bahwa Perputaran nasib akan segera terjadi dan mereka adalah bagian untuk merubah keadaan tersebut dan mereka berhasil mempengaruhi rakyat untuk menuntut perubahan tersebut.

Setelah semakin banyak pengikutnya Zhang Jue akhirnya merasa sudah saatnya untuk menggulingkan pemerintahan yang korup dan menyengsarakan rakyat ini tetapi sekarang ia menginginkan kerajaan ini untuk dirinya sendiri. Salah satu bawahannya mengirimkan upeti kepada para kasim yang berkuasa diistana untuk mendapatkan dukungan mereka sehingga mereka tidak akan menghalang-halangi. Zhang Jue dan pasukannya bersiap, Sesuai dengan motto mereka yaitu untuk "MENGHAPUS LANGIT BIRU DAN MEMBUAT LANGIT EMAS" maka mereka mengenakan panji2x berwarana kuning cerah, Zhang Yue mengirimkan pesan ke istana untuk memberitahu para kasim bahwa rencanya telah siap tetapi ternyata TAN ZHOU bahwan yang disuruhnya berkhianat dan memberitahukan ini pada kaisar Ling. Kaisar yang ketakutan segera memanggil Panglima Besarnya HE JIN untuk membahas masalah ini.

Karena rencanya telah terbongkar maka Zhang Yue dan adik2xnya harus mempercepat rencana mereka. Mereka memberi gelar pada diri mereka sendiri, Zhang Yue PENGUASA LANGIT, ZHANG BA PENGUASA BUMI, ZHANG LIANG PENGUASA MANUSIA. Dan mereka memprokalmirkan :

"KEBERUNTUGAN DINASTI HAN TELAH HABIS, YANG BIJAKSANA DAN MAMPU TELAH MUNCUL. DENGARLAH KEHENDAK LANGIT, OH SEMUA PENGIKUTKU, BERJALANLAH DIJALAN YANG BENAR DAN DENGAN BERSAMA KITA RAIH KEDAMAIAN"

Semua pasukan Zhang Yue dan seluruh simpatisannya telah memiliki semangay yang membara karena mereka telah lama merasa tertindas dan menderita. Mereka semuanya mengangkat panji2x kuning dan memakai tutup kepala berwarna kuning. Kekuatan utama mereka mencapai 500.000 orang, kekuatan ini membuat gentar pasukan pemerintah yang segera melarikan diri.

Panglima besar HE JIN mendengar kabar ini segera memrintahkan untuk melakukan persiapan perang. Titah kaisar pun dikeluarkan untuk merekrut pasukan melawan pemberontakan ini yang disebut pemberontaan "jubah kuning". Sementara ini para panglima lainnya sedang bergerak ke segala penjuru cina untuk melawan pemberontakan ini. Mereka adalah Lu Zhi, Huangfu Song, and Zhu Jun.

Sementara itu Zhang Yue mengarahkan pasukannya menuju propinsi YOUZHOU(Sebenarnya YOU ZHOU artinya wilayah YOU). Wilayah ini terletak di daerah timur laut. Penguasa wilayah ini adalah LIU YAN yang masih merupakan keluarga kaisar. Setelah mengetahui kedatangan pasukan pemberontak ini maka Liu Yang langsung memrintahkan jenderal Zhou Jing untuk mengumpulkan tentara. Maklumat segera dikeluarkan untuk menrekrut tentara.

Liu Yang menyetujui rencana perekrutan ini dan segera memerintahkan para staffnya untuk segera menyebarkan pengumuman ini (maklum jaman dulu gak ada tv ato radio). Salah satu pengumuman ini dipasang di kota ZHOU, dimana hiduplah seorang yang memiliki semangat tinggi yang didalam dirinya dipenuhi gelora membara untuk membawa kedamainan, orang yang akhirnya mengubah secarah cina........

0 Response to "Prolog"

Poskan Komentar

Powered by Blogger