SWOT Analysis

SWOT ANALYSIS

Seorang teman mengeluhkan mengenai masalah distribusi produknya. Selama ini pemasaran dan distributsinya mengandalkan pihak agen dan dalam usahanya untuk ekspansi ke wilayah lain (luar jawa) dia menyerahkan distribusi produknya ke pihak distributor. Masalahnya muncul ketika ternyata pihak distributor menjual produknya dibawah harga pasaran, muncul kekhawatiran adanya komplain dari agen-agen yang sudah bergabung lebih lama.


Dari beberapa informasi yang dia peroleh didapat keterangan memang seperti itu jika bergabung dengan distributor besar.... bingung dah ... mau mutusin kerjasama kok ya eman wilayah barunya, mau diterusin kok ya takut pasar lama-nya (yang diwakili oleh para agen2-nya) mencak-mencak.

Saya ndak tahu kok ya yang diinget waktu itu cuman “Analisa SWOT”.

Manajemen banyak memberikan alat yang dapat membantu mengambil keputusan tetapi cuma analisa SWOT ini yang terlintas (mungkin memang karena cuman waktu mata kuliah ini saya bener2 gak ketiduran).

Tapi analisa ini memang menurut saya bagus banget, meski mungkin tidak dapat menjelaskan sebenernya apa masalah yang dihadapi (karena memang bukan itu tujuan utama analisa SWOT), tetapi analisa ini memberikan kita informasi mengenai posisi kita, dan kemudian memberikan alternatif keputusan apa saja yang bisa atau harus dilakukan pada posisi seperti ini.

Analisa SWOT ini juga boleh dibilang Pancasila –is banget terutama sila ke-4. Bayangin untuk menentukan apa saja posisi strength, weakness, oportunity dan threat yang ada diperlukan brain storming dari individu2 yang terlibat dan dianggap kompeten. Jadi orang2 ini dikumpulkan untuk masing2 mengemukakan apa saja yang menjadi kekuatan-kelemahan, kemudian peluang dan ancaman yang ada, untuk kemudian masing2 usulan yang ada dinilai layak atau tidak dan setelah dinilai layak dinilai seberapa besar pengaruhnya... nah lo.. ramenya bisa ngalah2in arisan tuh...

Secara teori, analisa SWOT bisa dilihat pada mata kuliah dari Pak Djazuli, dosen FKM Unair yang dapat diunduh disini.... sedangkan contoh kasusnya penulis gambarkan pada bidang usaha yang lebih mudah dimengerti yang bisa dunduh disini

0 Response to "SWOT Analysis"

Poskan Komentar

Powered by Blogger